ISC (Idle Speed Control)
Begitu banyak masalah di ISC maka saya merangkum dari beberapa sumber dan menyimpulkan permasalahan di
ISC , bila ada kekurangannya mohon dibetulkan
.
Ini beberapa signal Input Output atau I/O
yang mempengaruhi bekerjanya ISC
1.
RPM
Signal (Ne) Sinyal Ne adalah salah satu
input yang paling penting untuk
menentukan operasi yang tepat dari sistem ISC. Sensor ini
memberikan umpan balik RPM mesin
2.
TPS
Seperti yang
kita ketahui bahwa fungsi utama TPS itu membaca sudut pembukaan throtel dan
menentukan apakah throtel membuka atau menutup (IDL) . Khusus untuk (IDL)
inilah memberikan signal ke ecu untuk menentukan perintah ke aktuator ISC.
Ketika kontak IDL ditutup dan kendaraan tidak bergerak, ECU output memberikan
sinyal ke ISCV tersebut. Ketika kontak IDL terbuka, ISC system ISC tberfungsi.
3.
Engine
Coolant Temperature (THW).
ECU
menggunakan sinyal THW untuk menentukan temperatur cairan pendingin engine
untuk kontrol ISC kecepatan idle dalam semua kondisi suhu mesin
4.
Vehicle
Speed (SPD)
Sistem
ISC tidak berfungsi ketika kendaraan bergerak. ECU memonitor sinyal SPD dari
sensor kecepatan kendaraan untuk menentukan kapan untuk mengoperasikan ISCV
tersebut. Jika kontak IDL ditutup dan tidak ada sinyal SPD terdeteksi, ECU akan
menampilkan sinyal ke ISCV tersebut.
5.
Electrical
Load Sensor (ELS)
ELS
sirkuit sinyal ECU ketika beban listrik membrikan perubahan yang signifikan.
ECU menggunakan informasi ini untuk meningkatkan rasio siklus pada ISC Valve,
dengan demikian mempertahankan kecepatan idle stabil pada waktu beban
electrical berungsi
6.
A/C
signal atau AC Compressor Signal
(A / C)
digunakan untuk menentukan kapan kompresor AC sedang loading. Sinyal digunakan
terutama sebagai indikasi untuk meningkatkan aliran udara ISC untuk
menstabilkan kecepatan idle. Input A/C juga digunakan oleh ECU untuk
memodifikasi waktu pengapian
Sinyal
A/C di ECU akan tinggi setiap Compressor A/C bekerja. Bila daya tidak ada pada
Compressor A/C, maka dihapus signal A/C ke ECUjuga terputus.
7.
Engine
Cranking Signal (STA)
Sinyal
STA digunakan oleh ECU untuk memberikan
udara tambahan untuk masuk intake manifold saat cranking mesin. Selain
itu, digunakan untuk menentukan kapan untuk memperkaya injeksi dan mengaktifkan ISC dan menentukan kapan
untuk mengoperasikan Fuel Pressure-Up (FPU) . dengan kata malfungsi sinyal STA,
menyebabkab mesin sulit hidup
Itulah
kurang lebihnya yang menentukan pesrmasalahan ISC yang sering kali terjadi di
mobil. Dan banyak yang mengira permasalahannya hanya terletak pada sensor ISC
padahal penentunya masih banyak yang mempengaruhi seperti hal di atas.
Sekali
lagi maaf bila ada salahnya
Alamat : Puri Astapada Indah 2 Blok K/6 RT/RW 03/08
Plosogeneng Jombang, 61416 Jawa Timur
Telp : 081332787811
Facebook Agus Yuli Obd Jatim
Lokasi toko/rumah Google map
0 komentar:
Posting Komentar